Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Empat SD Masih Berhenti

Kompas.com - 19/09/2011, 16:57 WIB

AMBON, KOMPAS.com -- Kegiatan belajar-mengajar empat SD di Waihaong, Ambon, Maluku, belum bisa dilaksanakan, Senin (19/9/2011), karena ruangan-ruangan kelas masih dihuni oleh ratusan pengungsi kerusuhan yang terjadi hari Minggu pekan lalu di sejumlah daerah di Ambon.

Empat SD itu adalah SD Negeri 30, SD Negeri 19, SD Negeri 68, dan SD Negeri 69. Empat sekolah dasar ini menempati gedung sekolah yang sama. Jumlah total murid di empat sekolah tersebut, sekitar 900 orang.

Kepala SD Negeri 68 Azis Tidore mengemukakan, sejak kerusuhan hari Minggu (11/9), seluruh ruangan di gedung sekolah menjadi lokasi pengungsian bagi pengungsi asal Waringin, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Sampai hari ini, ratusan pengungsi masih tinggal di gedung sekolah itu karena rumah mereka di Waringin sudah habis terbakar akibat kerusuhan.   

"Sebetulnya instruksi dari Dinas Pendidikan Ambon, hari ini sudah harus mulai lagi kegiatan belajar tetapi karena ruangan-ruangan masih didiami oleh pengungsi, kegiatan belajar terpaksa ditunda," jelas Azis.

Azis belum tahu rencana dari pemerintah terhadap para pengungsi itu agar kegiatan belajar di empat sekolah tersebut tidak terganggu. "Kami masih menunggu kebijakan pemerintah, tetapi kami harap segera agar pelajaran murid-murid tidak tertinggal dibandingkan sekolah lain," tambahnya.

Menurut Asisten II Pemerintah Provinsi Maluku Burhanudin Bandjar, rencananya besok pemerintah akan memindahkan para pengungsi ke salah satu gedung di dekat pusat perbelanjaan Ambon Plasa. "Sekarang Dinas Pekerjaan Umum masih menyiapkan fasilitas-fasilitas bagi pengungsi di sana, seperti air bersih dan MCK," ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com