Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Botol Miras Diamankan di Manokwari

Kompas.com - 19/09/2011, 07:39 WIB

MANOKWARI, KOMPAS.com - Sebanyak 1.376 botol minuman keras lokal merek cap tikus diamankan di Pelabuhan Manokwari, Papua Barat. Sayangnya, keberhasilan penyitaan ribuan botol miras itu tidak dengan pemiliknya karena pelaku berhasil lolos saat dikejar petugas.

Penangkapan dilakukan oleh tim buser Polres Manokwari, Senin (18/9/2011) pagi sekitar pukul 06.00 WIT di atas Kapal KM Dobonsolo, yang berangkat dari Sorong-Manokwari. Barang tersebut dipasok dari Bitung, Sulawesi Utara.

Hasil pengejaran itu mendapatkan puluhan karung dan karton berisi 1.376 botol miras. Rinciannya, ada 56 karung, yang tiap karung berisi 16 botol, dan 15 karton yang tiap karton berisi 32 botol. Setiap botol berisi 1,5 liter miras, sehingga jika ditotal mencapai 2.000 liter. Tiap botol itu dijual seharga Rp 150.000, maka nilai barang haram itu diperkirakan Rp 206 juta.

Diduga, jumlah yang dipasok ke Manokwari lebih banyak dari yang berhasil ditemukan. Sebab, ada sebagian karung dibuang ke laut sebelum kapal bersandar di Pelabuhan. Modusnya, setelah dibuang akan ada kurir yang memunguti karung-karung itu di laut dengan kapal motor.

Meski Manokwari sudah punya Perda Miras No 5 tahun 2006, bukan berarti peredaran dan konsumsi miras di kabupaten ini turun. Harga miras makin melambung karena penjualannya sembunyi-sembunyi. Saat ini, Polres Manokwari sedang membuat berkas penangkapan ribuan botol miras tersebut dan akan menindak lanjuti pengejaran pelaku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com