Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanggil Ikan ala Manokwari

Kompas.com - 18/09/2011, 02:13 WIB

Lukas Barayap (50), warga Manokwari, Papua Barat, memanggil ikan di laut dengan meniup peluit. Lengkingan peluit itu menarik ratusan ikan berdatangan ke bibir pantai. Ia lalu

memberi makan ikan dengan rayap dan rumah semut. Dengan cekatan tangan Lukas menaburkan rayap yang sudah dia bawa dari rumah ke tengah kerumunan ikan yang berenang di tengah ombak yang datang bergulung-gulung.

Berbagai macam ikan seperti baronang, kapas, kakatua, bobara, dan ikan hias saling berlomba memakan rayap yang ditaburkan sang pawang. ”Jika airnya sedang jernih, ikan-ikan akan terlihat jelas warna dan bentuknya,” kata Lukas. 

Ditemani sang istri, Martaap (45), pria asal Merauke itu telah menjalani kebiasaan pemanggilan ikan selama 16 tahun lebih. Awalnya kebiasaan tersebut dianggap aneh oleh para tetangganya, tetapi ia tidak menggubrisnya.

Cara memanggil ikan ala Lukas Barayap itu menjadi daya tarik wisata Pantai Bakaro, di Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Pantai itu memiliki panorama alam yang menawan.

Teks dan foto: Kompas/Hendra Agus Setyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com