Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Peralatan e-KTP Belum Lengkap

Kompas.com - 16/09/2011, 21:04 WIB

MEDAN, KOMPAS.com- Tidak semua kecamatan di Kota Medan siap menyelenggarakan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) lantaran peralatannya belum lengkap.

Dari 21 kecamatan yang ada, baru tiga kecamatan yang peralatannya lengkap. "Kami baru bisa melayani pembuatan e-KTP mulai Senin (19/9/2011) di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Medan Kota, Medan Deli, dan Medan Sunggal. Kecamatan-kecamatan lainnya segera menyusul karena peralatannya belum lengkap," kata Ke pala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kota Medan Daruss alam Pohan di Medan, Jumat.

Dia menjelaskan, semestinya, Pemerintah Kota Medan meluncurkan pembuatan e-KTP pada pertengahan Agus stus 2011, tetapi diundur hingga pertengahan Septembner lantaran belum ada kecamatan yang siap saat itu. Dia berharap, pemerintah pusat segera mengirim kekurangan-kekurangan peralatan pembuatan e-KTP.

Secara terpisah, Camat Medan Belawan Andi Syukur Harahap mengatakan, pihaknya telah menyediakan ruang dan personel yang siap dilatih untuk mengoperasikan peralatan pembuatan e-KTP. Akan tetapi, sampai saat ini peralatannya belum lengkap. "Baru ada dua unit komputer. Peralatan lain seperti kamera dan alat pemindai mata belum datang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com