Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultra Juga Ingin Punya Kereta Api

Kompas.com - 16/09/2011, 15:18 WIB

KENDARI, KOMPAS.com — Provinsi Sulawesi Tenggara menyiapkan peta rencana jaringan kereta api (KA) pertama di wilayahnya. Rute utama yang diwacanakan menghubungkan Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sultra Dody Djalante, Jumat (16/9/2011), mengatakan, jaringan KA itu masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Pulau Sulawesi.

"Namun, ini untuk perencanaan jangka panjang. Jadi, jika di masa depan ada keinginan dan kemampuan untuk merealisasikan pembangunan jaringan KA, kami sudah siap," katanya.

Rute awal yang diprioritaskan adalah Kendari-Kolaka yang berjarak sekitar 150 km. Kedua wilayah itu dinilai memiliki kapasitas ekonomi yang potensial jika dihubungkan dengan KA.

Kota Kendari merupakan ibu kota Provinsi Sultra yang menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan jasa. Adapun Kolaka sebagai daerah yang kaya sumber daya pertambangan (nikel) dan perkebunan. Kolaka selama ini juga menjadi pintu gerbang Sultra dengan Sulawesi Selatan melalui penyeberangan laut.

Arus barang dan orang antara Sultra dan Sulsel banyak bertumpu di Kolaka. "Karena itu, jika nanti akan dibangun jaringan KA, kami memprioritaskan rute itu," kata Doddy.

Selain rute Kendari-Kolaka, ia mengatakan ada pula rencana rute Kendari-Poso (Sulawesi Tengah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com