Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Minta Bantuan Rp 2 Miliar

Kompas.com - 16/09/2011, 11:05 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah setidaknya membutuhkan anggaran Rp 2 miliar untuk membantu penduduk mengatasi bencana kekeringan yang tersebar di 10 kabupaten.

"Kami telah mengusulkan bantuan anggaran itu ke Badan Penanggulangan Bencana Nasional. Sedianya, dana sebesar itu untuk membantu penduduk yang kini mengalami kekurangan air bersih," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sarwa Permana, Jumat (16/9/2011).

Sarwa mengatakan, permintaan daerah yang dilanda kekeringan akan droping air sudah ditangani oleh masing-masing pelaksana di Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) di Pati, Solo, dan Banyumas. Untuk membantu penyediaan droping air bersih, sudah tersedia enam mobil tanki berkapasitas 6.000 liter guna membantu air bersih bagi warga yang kekurangan di sejumlah daerah.

Namun, bantuan air bersih tetap kurang mengingat persediaan air bersih dari sejumlah perusahaan daerah air minum juga surut. Untuk sementara, jumlah penduduk di pedesaan yang kekurangan air bersih lebih dari 50.000 keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com