Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bongkar Aspal Babakan Siliwangi

Kompas.com - 10/09/2011, 12:29 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Hari Sabtu (10/9/2011) ini, aspal di Babakan Siliwangi, Kota Bandung, dibongkar warga. Pembongkaran dilakukan ini sebagai bagian dari program menjadikan wilayah itu sebagai hutan kota dunia.

Rencana tersebut ditegaskan oleh Reggi Kayong Munggaran dari Urbane Community yang menjadi salah satu penggagas. Pembongkaran aspal akan dilakukan sepanjang wilayah Babakan Siliwangi, yang umumnya hanya digunakan warga yang jogging atau andong wisata.

Jalur aspal di dalam wilayah Babakan Siliwangi dipergunakan oleh beberapa pihak, seperti sanggar seni hingga Kantor Kelurahan Lebak Siliwangi. Beberapa tahun lalu, kawasan tersebut digunakan untuk restoran sehingga diprotes karena menyalahi peruntukan wilayah.

Babakan Siliwangi disepakati menjadi hutan kota di Bandung yang di dalamnya terdapat Sasana Budaya Ganesha. Wilayah itu dilalui anak sungai Cikapundung yang mengalir dari arah Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut pantauan Kompas, kondisi di lapangan masih sepi dari aktivitas masyarakat. Reggi menuturkan, saat ini peserta sedang membersihkan daerah sekitar mata air Siliwangi sebelum akhirnya bergerak ke sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com