Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 26 Ribu Warga Membuat eKTP

Kompas.com - 06/09/2011, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sampai Senin (5/9/2011), warga yang sudah merekam data sidik jari dan iris mata untuk pembuatan eKTP baru mencapai sekitar 26.000 orang.

Diharapkan, pembuatan eKTP di Indonesia tahun 2011 ini dilakukan di 197 kabupaten/kota, sedangkan proyek eKTP di 300 kabupaten/kota lain diselesaikan 2012. Dari 267 kelurahan di DKI, 173 kelurahan sudah melayani pembuatan KTP elektronik.

Menurut Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Irman di Jakarta, Selasa (6/9/2011), Kementerian Dalam Negeri awalnya hanya menargetkan pengadaan layanan eKTP di 44 kecamatan. Namun, untuk mempercepat penyelesaian, diusahakan supaya peralatan bisa ditambah sampai tingkat kelurahan.

Di luar DKI Jakarta, perangkat pengadaan eKTP didistribusikan ke 191 kabupaten/kota. Saat ini, menurut Irman, distribusi dua set untuk setiap kecamatan di Jawa, Sumatera, dan Bali sudah selesai. Di pulau-pulau lain, distribusi baru satu set.

Untuk teknisi yang memasang perangkat lunak di Sumatera Barat dimulai pekan ini, sedangkan di tempat lain dimulai akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com