Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Gempa Ini Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 06/09/2011, 02:31 WIB

MEULABOH, KOMPAS.com — Gempa tektonik berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pantai Barat Selatan, Provinsi Aceh, pada 6 September 2011 sekitar pukul 00.55.12 WIB.

Kepala BMKG Meulaboh Kabupaten Nagan Raya, Edi Darlupti, yang dihubungi dari Meulaboh, Selasa (6/9/2011) sekitar pukul 01.00 dini hari, menyebutkan, gempa tersebut terletak pada lokasi 2,81 lintang utara (LU) 97,85 bujur timur (BT) atau 59 kilometer timur laut Singkil Baru, Provinsi Aceh, di kedalaman 78 kilometer.

Jelasnya, potensi gempa tersebut tidak berpotensi tsunami yang kerap meresahkan masyarakat Aceh, karena gempa itu benar berpusat di wilayah barat daya Aceh, tepatnya di Kabupaten Aceh Singkil.

"Gempa dengan kekuatan seperti ini biasanya tidak berpotensi tsunami. Meski demikian, masyarakat diminta tetap waspada karena prediksi bisa saja berubah karena itu adalah bencana alam," kata Edi.

Kendati demikian, masyarakat di Meulaboh terlihat berhamburan keluar rumah karena kaget. Seperti terpantau di seputar Kecamatan Johan Pahlawan, Kota Meulaboh, sebagian dari masyarakat keluar dari dalam rumah.

Afrizal, salah seorang warga yang ditemui di halaman rumahnya, mengaku kaget dan secara spontan keluar dari rumah karena melihat bola lampu di rumahnya berayun.

"Gimana enggak keluar rumah, mau mati, meskipun tidak berpotensi tsunami, siapa berani jamin rumah besar itu tidak roboh," katanya.

Pantauan di seputar Kota Meulaboh, belum ditemukan adanya korban jiwa dan bangunan yang runtuh akibat guncangan gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com