Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Masih Cari 27 Orang

Kompas.com - 29/08/2011, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan SAR Nasional hingga Senin (29/8/2011) masih mencari 27 orang yang diduga hilang dalam kecelakaan KM Windu Karsa di perairan dekat Pulau Lambasina, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Jumat pekan lalu.

Korban yang dicari termasuk wakil Bupati Kolaka Utara Sahariah Muin. Hingga Senin ini Basarnas sudah menyelamatkan 93 orang. Sedangkan jumlah korban meninggal adalah 9 orang.

Humas Basarnas Alogo di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu mengatakan data masih simpang-siur. Namun data terkakhir yang ia terima menunjukkan jumlah penumpang. resmi (passenger on board) berjumlah 122 orang, 76 orang selamat (belum termasuk ABK) 9 orang meninggal, dan 27 orang belum ditemukan. "Data ABK masih simpang siur," tutur Agolo.

Sebelumnya pada hari Jumat, keterangan dari Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2011 menyatakan jumlah penumpang 105 orang termasuk ABK. Jumlah ABK 21 orang.

Sebanyak 12 orang korban dilaporkan meninggal dunia sudah ditemukan. Namun belakangan data dikoreksi. Dalam penyeberangan dari Bajoe di Sulawesi Selatan ke Kolaka Sulawesi Tenggara KM Windu Karsa juga mengangkut 20 mobil, 5 sepeda motor, dan 236 ton barang.

Kapal tenggelam diduga karena angin kencang. Kapal berangkat dari Bajoe Jumat siang sekitar pukul 14.00. Tengah malam seharusnya sudah sampai Kolaka, namun 15 mil dari pelabuhan Kolaka kapal kandas pada sekitar pukul 00 hari Sabtu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com