Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta-Ciamis Ditempuh Sembilan Jam

Kompas.com - 28/08/2011, 17:27 WIB

CIAMIS, KOMPAS.com — Perjalanan mudik dari Jakarta menuju wilayah Ciamis, Jawa Barat, melalui jalur selatan jauh lebih panjang dan lama dari situasi normal. Perjalanan, yang biasanya cukup hanya selama lima jam, pada Minggu (28/8/2011) butuh waktu tidak kurang dari sembilan jam.

"Setiap kali mudik, kemacetan pasti terjadi. Masalahnya, perjalanan jadi membosankan dan melelahkan," ucap Lili, warga Ciamis yang baru saja menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Ciamis.

Perjalanan dari Jakarta melalui tol dalam kota berlanjut hingga Tol Cikampek, Tol Cipularang, Cileunyi, hingga Rancaekek berjalan sangat lancar. Namun, memasuki kawasan Cilembu, Bandung, kemacetan mulai terjadi.

Kemacetan tetap terjadi meskipun arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Jalan Cagak Nagrek dibuat satu arah. Kendaraan membentuk empat lajur, tetapi tersendat.

Kepadatan kendaraan mobil dan sepeda motor terus berlanjut hingga melampaui Jalan Cagak Nagrek. Kecepatan kendaraan tidak bisa bergerak melampaui 60 kilometer per jam di Cicalengka, begitu juga ketika memasuki Pasar Lewo, Garut.

Selepas Lewo, kendaraan harus beringsut satu jam menuju Malangbong, Garut. Padahal, Lewo-Malangbong hanya terpisah jarak tujuh kilometer.

Melewati Malangbong, lalu lintas tidak serta-merta lancar. Kendaraan tetap padat hingga Terminal Ciawi, Tasikmalaya. Pengendara harus berhati-hati karena begitu banyak sepeda motor yang melaju secara zig-zag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com