Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhutani Siapkan 17 Titik Siaga Bencana

Kompas.com - 25/08/2011, 15:19 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Idul Fitri yang bersamaan dengan musim kemarau, mendapat perhatian khusus dari Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Menurut Heru Siswanto, Kepala Unit I Perum Perhutani, pihaknya sangat mewaspadai jika ada perubahan cuaca yang ekstrim.

"Setelah dihantam panas berminggu-minggu, jika terkena hujan kami khawatir akan terjadi tanah longsor," kata Heru Siswanto, Kamis (25/8/2011), usai memberi pengarahan kesiagaan Idul Fitri di kantornya di Semarang.

Heru menjabarkan, Perhutani perlu membentuk posko siaga bencana saat Idul Fitri, setelah terjadi kebakaran hutan di Gunung Slamet. Dalam kebakaran tersebut, hutan lindung seluas 5 hektar musnah. Adapun titik kebakaran berada di jalur pendakian blambangan yang masuk Kabupaten Purbalingga. "Kebakaran itu diperkirakan dari percikan api unggun," kata Heru.

Karenanya, selama Idul Fitri Heru Siswanto meminta agar jajarannya siap di tengah suasana libur lebaran, khususnya yang bertugas di 17 posko siaga. Posko tersebut dikonsentrasikan di daerah rawan bencana seperti di Hutan Alas Roban, Bantar Bolang, wilayah Kedu, dan semua hutan yang ada di gunung.

"Yang sangat diwaspadai itu hutan rimba, bukan hutan produksi. Biasanya itu terletak di daerah gunung," kata Heru lagi. Dengan kondisi kering di gunung, sangat mungkin akan terjadi tanah longsor jika terkena hujan dengan intensitas tinggi, ataupun kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com