Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersalur Rp 400 Miliar Pecahan Kecil

Kompas.com - 22/08/2011, 19:25 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Masyarakat di tiga kabupaten, yakni Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, kini tidak perlu lagi datang ke Bank Indonesia di Jember, Jawa Timur, jika hanya untuk menukar uang receh baru pecahan Rp 500, Rp 1.000, Rp 2.000 dan Rp 5.000. Sekarang mereka cukup datang ke bank umum yang ada di tiga kota itu, jika ingin mendapatkan dan menukarkan uang receh pecahan itu.

"Sebelumnya, kendaraan operasional Bank Indonesia bergerak ke kota-kota itu. Sekarang bank umum sudah bisa menyediakan uang receh pecahan sesuai dengan yang disukai," kata Pemimpin Bank Indoinesia Jember M Nur Zaiunuddin kepada Kompas di Jember, Senin (22/8/2011).

Untuk penukaran uang receh pecahan Rp 500, Rp 1.000. Rp 2.000 dan Rp 5.000, BI Jember menyediakan uang baru sebanyak Rp 900 milir hingga menjelanglebaran nanti. Sekarang di kantor BI permintaan uang pecahan kecil tersebut sudah mulai berkurang, masyarakat sudah bergeser ke bank-bank umum yang telah menyediakan untuk penukaran uang.

Hingga memasuki hari ke-22 di bulan puasa ini, kata M Nur Zainuddin, uang yang telah tersalurkjan kepada msayarakat sebanyak 400 miliar atau hampir separo dari yang disediakan BI Jember. Masyarakat yang ingin menukarkan uang receh pecahan itu, masih ada kesempatan beberapa hari lagi, sebelum libur atau cuti bersama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com