Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Minyak Pertamina-Medco Terbakar

Kompas.com - 22/08/2011, 18:42 WIB

PALU, KOMPAS.com — Sumur minyak milik investor Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Medco E&P Tomori di Pulau Tiaka, Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, terbakar menyusul amuk massa yang terjadi sejak Senin (22/8/2011) siang di pulau tersebut.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen (Pol) Dewa Parsana di sela-sela acara buka puasa bersama di Ditlantas Polda Sulteng membenarkan hal itu, tetapi belum memberikan keterangan rinci sebab masih menunggu laporan Kapolres Morowali yang sedang berada di lokasi.

Sementara itu, Kapolres Morowali Ajun Komisaris Besar Suhirman yang dihubungi terpisah melalui telepon selulernya membenarkan bahwa dalam peristiwa itu, massa yang marah melempari sumur minyak di Tiaka dengan bom molotov.

Kapolda Dewa Parsana juga menyebutkan bahwa massa yang mengamuk itu juga menyandera tiga polisi dan seorang anggota TNI.

Sementara itu, koresponden Antara dari Luwuk melaporkan, Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk telah melakukan persiapan menerima pasien korban amuk massa di Tiaka, yang dirujuk untuk mendapat perawatan intensif.

"Informasi terakhir yang kami peroleh, pasien tersebut telah mengembuskan nafasnya yang terakhir di perjalanan menuju Luwuk, tetapi jenazah korban akan tetap dibawa ke Luwuk untuk otopsi," ujar seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya di Luwuk.

Pulau Tiaka terletak di Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali, kawasan perbatasan Kabupaten Morowali dan Banggai, sehingga daerah ini lebih mudah dijangkau dari Luwuk, ibu kota Kabupaten Banggai melalui jalan darat selama sekitar empat jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com