Parsel "Sampah" Makanan Kedaluarsa

Kompas.com - 21/08/2011, 00:19 WIB
EditorJodhi Yudono

Oleh Ulul Maskuriah

BANJARMASIN, KOMPAS.com--Puasa Ramadhan 1432 telah memasuki malam ke-21 atau malam selikur yang dipercayai sebagai malam penuh berkah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada hari ke-20 Ramadhan pertokoan hingga supermarket mulai dipenuhi oleh pembeli baik untuk membeli kebutuhan menjelang lebaran ataupun untuk membeli berbagai bingkisan parsel untuk dibagikan kepada relasi.

Besarnya animo masyarakat maupun perkantoran untuk membeli parsel tersebut, membuat bisnis yang mengandalkan kreatifitas penyusunan makanan ringan hingga perabot rumah tangga itu, dalam beberapa tahun terakhir cukup menjamur di Kalsel.

Bisnis yang cukup menggiurkan tersebut, tidak hanya dilakukan oleh toko besar tetapi juga mini market hingga industri rumah tangga,juga berlomba menerjuni bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan puluhan juta tersebut.

Tampak sebagian besar pertokoan di Banjarmasin kini dipenuhi oleh jualan parsel mulai dari harga Rp500 ribu hingga jutaan rupiah.

Sayangnya, besarnya keuntungan dari bisnis tahunan tersebut membuat beberapa oknum pengusaha parsel ingin mendapatkan keuntungan lebih, antara lain dengan memasukkan barang kedaluarsa yang tidak mungkin dijual secara eceran.

Bahkan beberapa diantaranya, nekat mengurangi kue atau makanan kecil yang ada dalam bungkus kardus hingga tinggal separonya.

Salah seorang penerima parsel, Fadhlan mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, dia selalu menerima parsel yang isinya beberapa macam barang yang kedaluarsa, sehingga tidak mungkin lagi bisa dikonsumsi.

"Tahun lalu saya dapat parsel cukup besar, kemungkinan nilainya Rp750 ribu yang disusun di keranjang rotan tingkat tiga, ternyata sebagian kuenya sudah memasuki masa kedaluarsa, dan sebagian lainnya masa konsumsinya tinggal beberapa minggu lagi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X