Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Emas Purwakarta Dihidupkan Lagi

Kompas.com - 20/08/2011, 12:50 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah kawasan tambang yang dipercaya memiliki kandungan emas dan timah hitam di Kampung Ciseuti, Desa Tanjursindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat, dihidupkan lagi setelah sempat akan dihentikan secara total pada akhir tahun 2010. Tambang seluas 230 hektar ini sudah mendapatkan izin usaha pertambangan dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

"Kami berikan izin lagi karena sudah ada kejelasan pemodal baru. Pemodal yang lama sudah pergi," ujar Dedi, Sabtu (20/8/2011), di Purwakarta.

Menurut Dedi, tambang emas tersebut akan dikerjakan oleh perusahaan lama, tetapi sudah dibeli oleh pemodal baru. Perusahaan yang melaksanakan pertambangan adalah PT Mas Rusyati Abadi, tetapi sekarang pemodalnya berbeda.

"Pemodalnya adalah putra Pak Arifin Panigoro, Helmi Panigoro. Jadi, saya berikan izin lagi. Pemodal lama tidak jelas karena tidak ada aktivitas tambangnya," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta sempat akan menutup lokasi penggalian emas milik PT Mas Rusyati Abadi itu. Pasalnya, selama lebih dari lima tahun sejak izin ekploitasi dikeluarkan, perusahaan yang memiliki kuasa pertambangan tersebut belum menunjukkan hasil.

PT Mas Rusyati Abadi mengajukan izin eksploitasi pertambangan emas dan mineral serta ikutannya sejak tahun 1998, tetapi hingga sekarang tidak membuahkan hasil. Lokasi penambangan itu pun digarap oleh masyarakat secara berkelompok sebagai pencari emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com