Pemudik, Singgahlah di Subah dan Plelen

Kompas.com - 17/08/2011, 21:34 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemudik yang melintasi kawasan alas roban di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, diharapkan memanfaatkan lokasi tempat peristirahatan di Subah dan Plelen.

Jarak tempuh lintasan jalur pantai utara Jakarta - Batang yang mencapai panjang tak kurang 550 kilometer, merupakan titik lelah bagi pemudik, baik yang mengendarai kendaraan mobil maupun sepeda motor.

Pengamatan di lokasi tempat peristirahatan di Subah dan Plelen, Kabupaten Batang, Rabu (17/8/2011), lokasi peristirahatan di Plelen lebih lengkap dibanding dengan Subah, Jarak Subah dan Plelen hanya sekitar 10-15 kilometer.

Di lokasi peristirahatan Plelen, yang lokasinya sejuk karena berada di tengah hamparan kawasan pohon-pohon jati, biasanya juga terdapat kios-kios layanan dari sejumlah dealer otomotif terkenal. Mereka ini menyediakan layanan servis murah dan ganti oli gratis, termasuk layanan dari Pertamina Unit Pemasaran Jateng - DI Yogjakarta.

Sedangkan di lokasi peristirahatan Subah, yang juga tersedia lokasi cukup luas di kawasan hutan jati ini, terhampar sejumlah pedagang makanan dan minuman. Minuman yang terkenal di kawasan Subah maupun Plelen adalah kelapa muda berwarna hijau.

Air kepala muda hijau berkhasiat tidak hanya mengembalikan kesegaran pemudik, terutama pengemudi tapi juga bisa meningkatkan vitalitas kaum pria.Begitu menghabiskan air dalam satu butir kepala hijau, pastinya badan jadi segar dan semangat bangkit lagi untuk siap meneruskan perjalanan ke arah Semarang, Surabaya, Solo dan tujuan lain di Jateng maupun Jawa Timur.

Pada hari biasa harga satu butir kepala muda berikut pemanis, bisa gula pasir, sirup atau gula merah hanya Rp 6.000 namun di hari-hari lebaran harganya naik menjadi Rp 10.000 per butir. Jika pemudik berutnung, bisa menikmati kepala muda kopyor yang memiliki nilai khasiat membuat awet muda dengan harga Rp 15.000 per butir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.