Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanjakan Gentong Tengah Digarap

Kompas.com - 16/08/2011, 15:10 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Salah satu permasalahan dari jalur mudik lebaran di selatan selain Nagreg adalah Tanjakan Gentong menuju arah Tasikmalaya. Kondisinya yang curam kerap membuat antrean kemacetan karena kendaraan harus berjalan merayap pelan.

Namun, masalah itu diperkirakan rampung tahun 2012 karena sedang dibuat jalan lingkar sepanjang 1,2 kilometer mengitari jalur lama. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jawa Barat, Agus Hendrarto, Selasa (16/8/2011).

"Proyeknya berlangsung dalam dua tahun, tahun ini dimulai dengan pemotongan tebing untuk jalan dan berikutnya pembuatan jembatan kereta api," kata Agus.

Dia mengungkapkan bahwa jalan lingkar itu akan memiliki kelandaian 10 persen, lebih rendah dibandingkan jalur lama yang mencapai 18 persen lebih. Dengan demikian, nantinya kendaraan yang menuju Bandung melalui jalan baru sementara dari arah sebaliknya akan menggunakan jalur lama.

Selain jalan yang curam, masalah di Tanjakan Gentong adalah alignment vertikal yang buruk. Agus menerangkan bahwa kendaraan harus melewati rel kereta yang tidak memotong tegak lurus jalan, kemudian menanjak curam. Kendaraan pengangkut berat dipastikan kesulitan dengan kondisi tersebut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com