Gunung Papandayan Tak Ganggu Arus Mudik

Kompas.com - 15/08/2011, 15:59 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

BANDUNG, KOMPAS.com - Peningkatan aktivitas Gunung Berapi Papandayan di Kabupaten Garut diyakini takkan mengganggu pelaksanaan arus mudik lebaran meski lokasinya tidak berada tepat di jalur selatan Pulau Jawa. Hanya saja, patut diwaspadai bila ada peningkatan aktivitas untuk mitigasi bencana bila benar-benar terjadi.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, Senin (15/8/2011).

Pihaknya mengaku bakal mengikuti segala rekomendasi yang dibuat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bila ada peningkatan aktivitas Gunung Papandayan yang berujung dengan pengungsian masyarakat.

"Lokasi gunung tersebut sebetulnya tidak berada di dekat jalur selatan arus mudik tapi dikhawatirkan bakal ada lalu lalang kendaraan yang membawa bantuan atau semacamnya," ujar Dicky.

Bila hal tersebut benar-benar terjadi, Dishub Jabar sudah mempersiapkan beberapa skenario seperti pengalihan kendaraan ke beberapa jalur alternatif yang dimiliki seperti Cibatu-Garut-Tasikmalaya, atau bahkan dialihkan ke jalur tengah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.