Mau Aman, Belilah Daging yang Digantung

Kompas.com - 12/08/2011, 18:15 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com - Hati-hati memilih daging sapi di pasaran. Ramadhan, tidak dipungkiri banyak pedagang yang mencari untung lebih dengan menjual daging sapi gelonggongan. Ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan sebelum membeli daging, agar masyarakat tidak terjebak dalam permainan kotor pedagang.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Soeparwoko Adisoemitro mengatakan, cara paling mudah menghindari daging gelonggongan di pasar tradisional adalah dengan membeli daging yang digantung, bukan yang berada di bawah atau di baskom pedagang.

'Daging gelonggongan tidak mungkin digantung, karena airnya pasti jatuh ke bawah,' katanya, Jumat (12/8/2011).

Dari sisi warna menurut dia, daging segar berwarna merah cerah, sementara gelonggongan berwarna relatif pucat. Cara lain lagi, jika ditekan daging segar pasti bentuknya kembali seperti semula. Sebaliknya, daging gelonggongan tidak bisa karena struktur selnya sudah rusak.

Untuk mengantisipasi praktik daging sapi gelonggongan, pihaknya mengaku sudah menurunkan tim untuk memantau aktivitas 122 Rumah Pemotongan Hewan (RPH) seluruh Jawa Timur, maupun melakukan pemantauan langsung di pasar-pasar modern maupun tradisional. 'Jika ditemukan pelanggaran, kami akan tindak sesuai aturan yang berlaku,' jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.