Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewa Ruci Tiba di Bangkok

Kompas.com - 11/08/2011, 01:48 WIB

Bangkok, Kompas - Kapal Dewa Ruci yang membawa 85 taruna Akademi Angkatan Laut tiba di Pelabuhan Klong Toey, Bangkok, Thailand. Kedatangan taruna dan KRI Dewa Ruci disambut Duta Besar RI di Thailand Mohammad Hatta dan Komandan Resimen Taruna Angkatan Laut Kapten Wottichai.

Komandan KRI Dewa Ruci Letkol Haris Bima di Bangkok, Rabu (10/8), mengungkapkan, KRI Dewa Ruci dan taruna (kadet) Akademi Angkatan Laut (AAL) merupakan duta diplomatik dan wisata. Oleh karena itu, dalam kunjungan di Bangkok, para taruna akan bertemu dengan taruna Angkatan Laut Thailand dan mengunjungi akademi Angkatan Laut Thailand.

Menurut Mohammad Hatta, seperti dilaporkan wartawan Kompas Ferry Santoso di Bangkok, para taruna AAL harus terus meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia. Dalam era persaingan yang semakin ketat, apalagi dengan terbentuknya komunitas ASEAN, kualitas sumber daya manusia menjadi sangat penting. Pelayaran para taruna AAL, lanjut Hatta, merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sejak 5 Juli lalu, KRI Dewa Ruci berangkat dari Surabaya menuju Bitung, Manado, kemudian Filipina, China, dan Thailand. Dari Bangkok, KRI Dewa Ruci akan berangkat ke Batam dan Surabaya. Pelayaran KRI Dewa Ruci ke berbagai negara itu menjadi kebanggaan para taruna dan bangsa Indonesia.

Direktur Pendidikan Angkatan Laut Kolonel Iswan Sutiswan mengungkapkan, dalam pelayaran KRI Dewa Ruci, para taruna AAL sebenarnya tidak hanya belajar memahami ilmu-ilmu astronomi dan kebaharian, tetapi juga belajar menjadi seorang pelaut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com