Ratusan Anak Mamuju Kena Muntaber

Kompas.com - 09/08/2011, 11:06 WIB
EditorKistyarini

MAMUJU, KOMPAS.com — Selama sebulan terakhir, lebih dari 1.000 anak di Mamuju, Sulawesi Barat, terserang penyakit muntaber.

Hingga Selasa (9/8/2011), tercatat 111 anak dilarikan ke RSU Mamuju karena serangan penyakit yang disebabkan bakteri E coli itu. Jumlah itu diperkirakan bertambah sebab data tersebut belum mencakup anak-anak yang dirawat di puskesmas di 14 kecamatan lain.

Sejumlah ruang perawatan didominasi oleh pasien muntaber yang rata-rata masih berumur di bawah lima tahun (balita). Rahmatia (19 bulan), salah satunya, baru dilarikan orangtuanya ke RSU Mamuju setelah kondisinya parah.

Rahmatia terus muntah dan buang air besar berkali-kali hingga nyaris mengalami dehidrasi berat. Penanganan cepat tim dokter berhasil menyelamatkan nyawanya. Kini kondisi Rahmatia berangsur pulih.

Menurut Fitri, petugas RSU Mamuju, data korban muntaber sejak pertengahan Juli hingga Agustus terus bertambah. "Sejak pertengahan Agustus hingga Selasa hari ini saja sudah tercatat 111 anak dirawat di RSU Mamuju," ujar Fitri.

Untuk mengantisipasi pertambahan jumlah korban muntaber, pihak RSU Mamuju telah membentuk tim medis kusus untuk menangani penyakit muntaber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X