Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ekspor Bahan Radioaktif dari Bangka

Kompas.com - 08/08/2011, 09:36 WIB

BANGKA, KOMPAS.com- Badan Pengawas PD Bangka Global Mandiri mengaku tidak tahu perusahaan itu mengekspor mineral yang mengandung radioaktif. Berkait dengan itu, Badan pengawas akan memanggil direksi badan usaha milik Pemerintah Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung tersebut.

Ketua Badan Pengawas PD Bangka Global Mandiri (BGM) Tarmizi Saad mengatakan, kabar pemeriksaan kontainer berisi barang milik PD BGM oleh Kepolisian Daerah Kepulauan Babel sangat mengejutkan. Namun, badan pengawas belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. "Kami akan panggil direksi untuk minta keterangan soal ini," ujarnya di Bangka, Senin (8/8/2011).

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Babel memeriksa 46 kontainer berisi elminite dan 14 kontainer zirkon di Pelabuhan Pangkal Balam, Pangkal Pinang, Minggu (7/8/2011). Kontainer-kontainer itu akan ditarik TB Toll Cengal dengan lambung Tongkang BG TOLL 1819 V 1108 BS, Minggu (7/8/2011).

Mineral ikutan dari penambangan timah itu akan diekspor ke China. Zirkon dan Elminit diketahui mengandung radioaktif. Mineral itu termasuk logam tanah jarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com