Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Nasionalisme, Timnas Ziarah ke Makam Soekarno

Kompas.com - 07/08/2011, 18:40 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Seluruh pemain timnas U-23, yang sedang menjalani latihan di Kota Batu, Jawa Timur, melakukan ziarah ke makam Presiden pertama RI, Soekarno, di Blitar. Ziarah ke makam pendiri bangsa itu juga diikuti oleh para pelatih timnas U-23, seperti Rahmad Darmawan dan Aji Santoso.

Rahmad Darmawan mengatakan, kedatangan pemain timnas U-23 ke Blitar itu untuk memenuhi undangan buka puasa bersama Wali Kota Blitar di pendopo balaikota setempat. Hari ini timnas U-23 tidak menjalani latihan sehingga mereka memiliki waktu luang untuk menghadiri undangan tersebut.

"Sekalian ziarah ke makam Bung Karno (untuk) belajar character building kebangsaan," kata Rahmad melalui telepon, Minggu (7/8/2011).

Ia mengatakan, karakter kebangsaan tersebut sangat penting untuk ditanamkan pada diri pemain yang akan membela bangsa. "Dari berziarah ke makam Bung Karno, mereka bisa banyak belajar bagaimana perjuangan pendiri bangsa, mendirikan bangsa Indonesia ini," jelas pria yang karib disapa RD.

Rombongan pemain itu dijadwalkan kembali ke Batu kira-kira pukul 20.00 WIB malam ini. Besok sore mereka akan kembali berlatih di kota tersebut.

RD mengakui, saat ini kondisi pemain terlihat menurun. Ini normal karena sebagian besar di antara mereka sedang menjalani ibadah puasa. Ia menegaskan bahwa kondisi tersebut tak akan memengaruhi penampilan tim di kemudian hari. "Nanti kondisi pemain juga normal. Saya kira tak jadi masalah. Karena proses latihan masih lama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com