Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Penukar Uang Menjamur

Kompas.com - 06/08/2011, 09:57 WIB

MADIUN, KOMPAS.com — Lebaran masih tiga pekan lagi, tetapi penyedia jasa penukaran uang baru mulai menjamur di Kota Madiun, Jawa Timur. Para penyedia jasa ini rata-rata berasal dari luar kota, seperti Solo, Jawa Tengah. Mereka berharap mendapatkan rejeki besar tahun ini.

Para penyedia jasa penukaran uang baru bisa ditemui, antara lain, di Alun-alun Kota Madiun dan Jalan dr Soetomo. Ada yang menjajakan secara perorangan, tetapi tidak sedikit yang berkelompok, bahkan sampai membuka etalase di atas kendaraan roda empat.

Jiman, salah seorang penyedia jasa penukaran uang baru yang mangkal di depan Masjid Agung Baitul Hakim, mengatakan, setiap Rp 100.000 ia mengambil untung 10 persen atau Rp 10.000. Adapun jenis uang yang disediakan beragam, mulai dari pecahan Rp 1.000, pecahan Rp 2.000, pecahan Rp 5.000, pecahan Rp 10.000, dan pecahan Rp 20.000.

"Lumayan untungnya, bisa buat nambah uang belanja Lebaran keluarga di kampung. Semoga tahun ini lebih besar dari kemarin. Makanya, kami buka lebih awal," ujar pria yang mengaku menukarkan uang baru di Bank Indonesia Solo ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com