Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Wonosobo-Parakan Dilebarkan

Kompas.com - 04/08/2011, 19:19 WIB

WONOSOBO, KOMPAS.com - Ruas utama jalur tengah Jawa Tengah di Kabupaten Wonosobo menuju Parakan sepanjang 1,3 kilometer, saat sedang dilebarkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan menjelang arus Lebaran. Pelebaran itu ditargetkan rampung H-7 Lebaran.  

 

Pantauan Kompas.com, Kamis (4/8/2011), pelebaran jalan dilakukan mulai ruas jalan raya Desa Kledung sampai Desa Tlahab yang berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo. Jalan itu merupakan jalur alternatif selain pantura dan jalur selatan, dari Jakarta menuju Yogyakarta dan Solo.  

 

Pengawas Pemeliharaan Rutin Dinas Bina Marga Jateng Wilayah Wonosobo, Purwanto, mengatakan, sebagai jalan nasional, jalur Parakan-Wonosobo merupakan jalan alternatif dari arah Magelang ke Jakarta. Untuk itu, sudah selayakya dilebarkan.  

 

Rencananya, badan jalan akan dilebarkan di sisi kiri dan kanan masing-masing 60 sentimeter. Artinya, secara ke seluruhan jalur tersebut dilebarkan 1,2 meter. Khusus untuk tikungan, pelebaran masing-masing sisinya bisa mencapai satu meter karena kendaraan membutuhkan ruas yang lebih lebar untuk berbelok.  

 

Selain dilebarkan, ruas jalur yang kini banyak dijejali aneka wisata kuliner dan resort tersebut akan ditinggikan 6 sentimeter. Saat ini tingkat kepadatan jalur masih di bawah 10.000 kendaraan per hari. Namun, saat arus mudik bisa mencapai 20.000 per hari.

"Selain itu, kami yakin, dalam beberapa tahun mendatang, kep adatan ruas jalur ini akan meningkat pesat. Untuk itu, pelebaran mutlak dilakukan," tutur Purwanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com