Banyak Sekolah Rusak dan Telantar

Kompas.com - 03/08/2011, 19:42 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MERAUKE, KOMPAS.com — Puluhan sekolah negeri dan swasta di pedalaman Merauke, Papua, telantar, rusak, dan kurang ruang kelas. Akibatnya, proses belajar mengajar tidak maksimal dan terganggu sehingga merugikan siswa.

"Masih banyak terdapat gedung sekolah yang rusak. Ruang kelas untuk proses belajar mengajar juga kurang. Ini terutama di daerah pedalaman dan terpencil," ujar Vincentius Mekiuw, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke, dalam Simposium Pendidikan di Universitas Musamus Merauke, Merauke, Papua, Rabu (3/8/2011).

Sebelumnya, menurut Vincentius, setidaknya ada 50 sekolah dasar negeri ataupun swasta dalam kondisi telantar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2010, ada 202 SD negeri dan swasta di Merauke, 54 SMP/SMPLB/MTs, dan 34 SMA/SMK/SMALB. Sarana pendukung pendidikan juga belum memadai.

Pihaknya mengakui belum sepenuhnya layanan pendidikan, baik di tingkat dasar maupun menengah, menjangkau seluruh lapisan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil dan sangat terpencil. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.