Pulau Betet Jadi Suaka Harimau Sumatera

Kompas.com - 03/08/2011, 13:02 WIB
EditorAgus Mulyadi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pulau Betet di kawasan Taman Nasional Sembilang, Sumatera Selatan, digunakan sebagai suaka harimau sumatera. Suaka ini terutama diperuntukkan bagi harimau yang menjadi korban konflik dengan manusia.

Hal ini dikatakan Kepala Balai Taman Nasional Sembilang, Tatang, Rabu (3/8/2011), usai pelepasliaran harimau Sumatera Selatan di Pulau Betet.

Harimau betina berusia tujuh tahun itu ditangkap di kawasan konsensi hutan tanam industri PT Sumber Hijau Permai sekitar dua bulan lalu, menyusul tewasnya dua pegawai di anak perusahaan Sinar Mas Group karena serangan harimau.

"Mulai sekarang, Pulau Betet menerima pemindahan harimau-harimau sumatera yang tertangkap. Dengan menempatkan di sini, manusia tetap aman, dan harimau juga selamat," kata Tatang.

Menurut Tatang, Pulau Betet mempunyai persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi habitat baru harimau Sumatera. Selain mempunyai sumber air tawar, pulau kecil ini juga menjadi habitat banyak babi hutan yang dapat menjadi mangsa harimau.

Pulau itu juga cukup terpencil, karena letaknya terpisah dari Pulau Sumatera. Di Pulau Betet juga ditemukan indikasi adanya harimau sumatera lainnya. Akan tetapi, populasinya belum bisa diketahui.

Adanya tempat khusus untuk suaka binatang langka itu dinilai sangat penting, karena harimau sumatera semakin terancam oleh manusia. Saat ini, diperkirakan banyak harimau sumatera yang hidup di luar kawasan perlindungan satwa.

Pembukaan lahan banyak terjadi di habitat asli mereka. Daerah yang dahulu merupakan tempat mereka mencari mangsa pun berubah menjadi lahan perkebunan, hutan tanam industri, maupun pemukiman.

Jumlah harimau sumatera semakin langka, yaitu diperkirakan hanya 300 ekor tersisa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.