30 Persen Sekolah Rusak Belum Diperbaiki

Kompas.com - 30/07/2011, 10:11 WIB
EditorAgus Mulyadi

PADANG, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan, baru 70 persen bangunan ruang kelas sekolah yang rusak pascagempa 30 September 2009 diperbaiki.

"Hingga saat ini masih banyak yang harus mendapat perhatian kita," kata Muslim di Padang, Sumatera Barat, Jumat (30/7/2011).      

Muslim menambahkan, dari ribuan ruang kelas yang rusak akibat gempa dua tahun lalu, tidak semuanya bisa diperbaiki. "Beruntung para donatur banyak memberikan bantuan untuk pembangunan ruang kelas yang rusak sehingga sedikit meringankan pemerintah daerah," katanya.

Menurut Muslim, pascagempa 30 September 2009, sebanyak 5.750 ruang kelas rusak. Saat ini perbaikan ruang kelas terus dilakukan dengan barbagai cara agar peserta didik dapat belajar dengan nyaman.      

Hampir 90 persen pembangunan sekolah yang rusak pascagempa 2009 dibangun para donatur, kalangan lembaga, organisasi, sumbangan masyarakat, dan sebagainya.      

Selain itu, anggaran pendidikan untuk tingkat provinsi di Sumbar masih sekitar 15 persen karena minimnya pendapatan daerah pascagempa 30 September 2009 lalu. Kondisi itu menyebabkan pembangunan ruang kelas juga terhambat.      

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Bambang Sutrisno, kotanya yang rusak parah akibat gempa dua tahun lalu baru mampu memperbaiki 53 sekolah. Masih ada sekitar 22 sekolah lagi yang belum diperbaiki.

Sumber: Antara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.