Indonesia Minta ke Inggris Kerjasama Industri Kreatif

Kompas.com - 29/07/2011, 23:35 WIB
EditorErlangga Djumena

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia meminta kerjasama khusus dengan Inggris dalam bidang pengembangan industri kreatif dan standardisasi produk. Langkah itu dilakukan untuk mendorong pengembangan industri kreatif dan produk terstandardisasi Indonesia.         

Wartawan Kompas Hermas E Prabowo dari London, Inggris melaporkan, tantangan utama ekspor produk Indonesia ke Uni Eropa secara umum dan Inggris secara khusus adalah terkait standardisasi produk.         

"Kita selama ini mengalami kesulitan dalam memenuhi produk dengan standar tertentu," kata Menteri Perdagangan Indonesia Mari Elka Pangestu.         

Mari Pangestu mengatakan itu usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris Stephen Green, Jumat (29/7/2011) di London, Inggris.

Mari Pangestu mengatakan, Inggris sangat ketat dalam memberlakukan standar produk. Dengan masuknya produk Indonesia di pasar Inggris, diharapkan akan memudahkan Indonesia dalam menggaet pasar Eropa.         

Dengan adanya kerjasama dalam standardisasi produk, diharapkan ke depan tak akan ada kesulitan lagi bagi produk Indonesia menembus pasar Eropa.        

Selain soal standardisasi, pemerintah Indonesia juga secara khusus meminta kerjasama dalam pengembangan industri kreatif.                  

Terkait kerjasama di bidang industri kreatif, Mari Pangestu mengatakan selama ini Inggris kuat sekali dalam hal industri kreatif. Mereka juga punya banyak rumah produksi animasi.       

Sekarang ini, Indonesia juga sedang merintis kerjasama dengan British Council. "Inggris setiap tahun memiliki kompetisi di bidang industri kreatif. Tiap tahun mengundang orang - orang yang kreatif atau pengusaha industri kreatif, termasuk dari Indonesia," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Inggris sangat mendukung kemungkinan terbentuknya kerjasama ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa (EU-Indonesia Comprehensive Economic Partership Agreemen).         

Dalam rangkaian misi perdagangan, Mari Pangestu Sabtu besok juga akan melakukan kunjungan ke pusat-pusat industri kreatif di London. Dan pada Minggu, 31 Juli akan membuka pameran produk berkualitas Indonesia di Harrods Departement Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.