Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hormati Bulan Puasa, PNS Pulang Cepat

Kompas.com - 28/07/2011, 21:11 WIB

SAMPIT, KOMPAS.com — Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhammad Taufiq Mukri mengatakan, selama bulan suci Ramadhan jam pulang kantor pegawai negeri sipil akan dipercepat.

"Keputusan tersebut telah kami tuangkan ke dalam surat edaran Nomor 800/566/BKPP-P/VII/2011 tertanggal 27 Juli 2011 tentang pengaturan jam kerja selama bulan puasa," kata Wakil Bupati Kotawaringin Timur Muhammad Taufiq Mukri, di Sampit, Kamis (28/7/2011).

Surat edaran tersebut ditujukan kepada semua pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di Kotawaringin Timur dan selanjutnya disampaikan ke semua PNS yang bertugas di instansi tersebut.

Kebijakan pengaturan jam kerja PNS selama bulan puasa tersebut menindaklanjuti surat Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang Nomor 800/299/IV.7/BKPP tertanggal 22 Juli 2011.

Para PNS diberikan dispensasi atau kelonggaran dari hari Senin-Jumat, baik itu jam masuk kerja maupun pulang kantor selama bulan puasa.

Menurut Taufiq, selama bulan puasa, PNS di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Timur akan masuk kerja pada pukul 07.30 WIB dan pulang kantor pada pukul 15.00 WIB.

Sementara untuk waktu istirahat pada Senin-Kamis pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan untuk hari Jumat mulai pukul 11.00 WIB-12.30 WIB.

"Selama bulan puasa berlangsung, kegiatan apel pagi dan sore serta kegiatan senam kesegaran jasmani yang biasanya dilakukan setiap hari Jumat akan ditiadakan," katanya.

Pengaturan atau perubahan jam kerja tersebut hanya berlaku selama bulan puasa 2011 dan apabila bulan puasa telah selesai maka pengaturan jam kerja akan kembali pada aturan yang lama, yakni sesuai peraturan Bupati Kotawaringin Timur Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pengaturan Jam Kerja.

Dirinya juga menginstruksikan kepada semua PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk memelihara ketertiban dan sopan santun serta menghormati para PNS yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com