Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jamin Stok Kebutuhan Pokok

Kompas.com - 28/07/2011, 18:19 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjamin stok kebutuhan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri 1432 Hijriah aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan melakukan aksi borong.

Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel Mukhlis Gafuri di Banjarmasin, Kamis (28/7/2011), mengatakan kepastian tersedianya kebutuhan pokok tersebut berdasarkan hasil monitoring Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, TPID terus berupaya mengantisipasi kenaikan inflasi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, antara lain, dengan memonitor sejumlah pasar tradisional dan beberapa distributor pangan strategis di Banjarmasin.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantau kecukupan pasokan dan kondisi harga kebutuhan pokok sebelum memasuki bulan puasa dan Lebaran," katanya.

Selain memantau pasar, Pemerintah Provinsi Kalsel bersama dinas dan badan terkait serta pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan juga melakukan pertemuan untuk memastikan kecukupan pasokan kebutuhan pokok.

"Terakhir pertemuan dilaksanakan di kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel di Banjarbaru dan di Bank Indonesia," katanya.

Berdasarkan hasil pantauan yang telah dilakukan, stok beberapa kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri aman, artinya ketersediaan bahan pokok masih di atas perkiraan kebutuhan konsumsi.

"Misalnya stok beras mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun," ujarnya.

Berdasarkan informasi dinas pertanian, produksi beras Kalsel tahun 2011 diperkirakan 1,13 juta ton, sedangkan kebutuhan sebanyak 504.570 ton sehingga Kalsel mengalami surplus beras 621.840 ton.

Harga beras lokal yang menjadi salah satu pemicu inflasi pada 2010, kata Mukhlis, sepanjang 2011 relatif stabil dan berada pada Rp 9.299-Rp 12.461 per kilogram.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com