Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Razia Suporter di Titik Berangkat

Kompas.com - 28/07/2011, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan melakukan razia terhadap para suporter sepak bola yang akan menyaksikan duel leg kedua Pra-Piala Dunia 2014 antara tuan rumah Indonesia dan Turkmenistan, Kamis (28/7/2011) malam. Razia ini akan dilakukan mulai dari titik keberangkatan suporter.

"Ada penyekatan awal dari tempat-tempat keberangkatan dengan harapan para penonton yang datang nanti tidak membawa barang-barang yang dapat mengganggu kelancaran pertandingan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar, Kamis (28/7/2011) di Markas Polda Metro Jaya.

Penyekatan itu akan dilakukan di daerah-daerah perbatasan Jakarta, seperti di Bekasi, Tangerang, Depok, dan Ciputat. "Nanti para pejabat utama kepolisian di wilayah-wilayah itu yang akan langsung melibatkan diri," kata Baharudin.

Untuk pengamanan pertandingan tersebut, polisi akan menurunkan sekitar 2.400 personel gabungan. Mereka akan disebar ke dalam empat ring yakni di dalam Stadion Gelora Bung Karno (ring 1), tempat orang berkumpul di luar stadion (ring 2), di luar pagar kompleks stadion (ring 3), dan jalur menuju lokasi (ring 4). Polisi juga menyiagakan kendaraan taktis, seperti kendaraan lapis baja dan water canon, sebagai upaya mengantisipasi aksi kerusuhan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada upaya mengalihkan jalur lalu-lintas di sekitar stadion. "Arus lalu-lintas sifatnya situasional tergantung jumlah penonton nanti," kata Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sujarno.

Pertandingan kedua antara Indonesia dan Turkmenistan ini akan menentukan tim yang berhak lolos ke putaran ketiga dalam ajang Pra-Piala Dunia 2014 zona Asia. Indonesia hanya membutuhkan skor tanpa gol untuk lolos setelah menahan imbang Turkmenistan 1-1 di Olympic Stadium, Ashgabat, Sabtu (23/7/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com