Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Korsel Tewaskan 17 Orang

Kompas.com - 27/07/2011, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Dalam catatan regu penyelamat, ada sedikitnya 17 orang tewas dalam bencana tanah longsor di Korea Selatan (Korsel). Sebagaimana warta Yonhap dan Xinhua pada Rabu (27/7/2011) bencana ini terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan utara di utara negeri itu.

Tim penyelamat menyatakan 12 orang korban tewas di antaranya tertimbun longsor di sebuah hotel di kawasan wisata Chunceon, sebelah timur Seoul. Pihak berwenang mengatakan sebagian besar korban tewas di Chuncheon adalah mahasiswa yang tengah melakukan kerja sukarela di kawasan tersebut.

Kini, ratusan anggota pasukan penyelamat masih menggali lokasi longsor untuk menemukan korban selamat di lokasi bencana. Sedangkan, lima korban tewas lainnya dipastikan berada di sebuah distrik di Seoul.

Gemuruh

Tanah longsor yang terjadi tak lama setelah tengah malam waktu setempat itu menghancurkan berbagai bangunan seperti hotel, restoran, dan kedai-kedai kopi di kawasan itu. "Saya sedang tidur di lantai dua ketika saya mendengar suara gemuruh tanah longsor. Tangga ambruk dan saya terkubur di bawah lumpur," kata seorang mahasiswa yang selamat dari maut.

Tim penyelamat mengatakan dua orang lagi yang diperkirakan berada di lokasi itu belum ditemukan.

Sementara itu, ratusan rumah warga terendam banjir di Seoul. Badan Meteorologi setempat menyatakan curah hujan deras belum akan berhenti. Hujan deras juga memutus jaringan telepon selular dan mengakibatkan sejumlah jalan utama tak bisa dilalui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com