Tambahan 30 Tahun Masuk Bui untuk Breivik

Kompas.com - 26/07/2011, 19:55 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Selain dakwaan terorisme, tersangka Anders Behring Breivik bakal terkena dakwaan kejahatan terhadap kemanusiaan. Jaksa Christian Hatlo mengemukakan hal itu sebagaimana warta AP, AFP, dan Xinhua pada Selasa (26/7/2011). "Kejahatan terhadap kemanusiaan mengganjar pelaku 30 tahun penjara," kata Hatlo kepada surat kabar Aftenposten.

Andai dihitung, Breivik akan menjalani hukuman 51 tahun penjara. Syaratnya, semua dakwaan tersebut terbukti dalam persidangan.

Kendati begitu, Jaksa Christian Hatlo mengatakan dakwaan baru dengan pasal kejahatan terhadap kemanusiaan, yang bisa diajukan berdasarkan suatu undang-undang 2008, saat ini baru kemungkinan.

Juru bicara kepolisian, Sturla Henreiksboe, mengatakan, "Polisi sejauh ini menyebut...undang-undang terorisme, tapi mengupayakan dakwaan lain tidak dikesampingkan."

Dalam perkembangan lain, menteri kehakiman Norwegia memuji prestasi aparat kepolisian negaranya. "Fantastis. Saya berkesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada polisi di Oslo dan distrik-distrik lain dan aparat lain," kata Menteri Kehakiman Knut Storberget kepada wartawan setelah mengadakan pembicaraan dengan kepala kepolisian Oslo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X