Polisi Norwegia Revisi Korban Tewas jadi 76 Jiwa

Kompas.com - 26/07/2011, 01:16 WIB
EditorErlangga Djumena

OSLO, KOMPAS.com Kepolisian Norwegia, Senin (25/7/2011) waktu setempat, menurunkan jumlah total korban yang tewas akibat pengeboman dan penembakan menjadi 76 jiwa.

Direktur Kepolisian Norwegia Oystein Maeland mengatakan, jumlah orang yang tewas dalam pengeboman di pusat kota itu naik satu menjadi delapan orang, sedangkan jumlah yang tewas akibat penembakan massal beberapa saat kemudian di Pulau Utoeya turun menjadi 68 jiwa, dari sebelumnya 86 jiwa.

Sebelumnya, total jumlah korban tewas dalam serangan-serangan itu menurut polisi mencapai 93 jiwa.

Maeland mengatakan, semua korban tewas akibat penembakan telah dipindahkan dari pulau itu. Dengan demikian, data yang lebih tepat mengenai jumlah kematian akan bisa ditetapkan. "Angka ini masih bisa naik," katanya, dengan menambahkan bahwa pencarian mayat masih terus dilakukan.

Penembakan membabi buta itu dilakukan pada pertemuan sekolah musim panas milik Partai Buruh berkuasa kubu Perdana Menteri Jens Stoltenberg di Pulau Utoeya di luar Oslo.

Stoltenberg dijadwalkan menyampaikan pidato kepada 560 peserta yang hadir pada pertemuan itu.

Beberapa saat sebelumnya, ledakan bom berkekuatan besar mengguncang perkantoran pemerintah pusat di Oslo yang mencakup kantor perdana menteri dan kementerian-kementerian. Ledakan itu menghancurkan sebagian besar jendela di bangunan pemerintah pusat dengan 17 lantai itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stoltenberg aman dan tidak ada laporan mengenai pejabat tinggi pemerintah yang tewas atau cedera.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.