Persidangan terhadap Breivik Tertutup

Kompas.com - 25/07/2011, 18:37 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Akhirnya, para hakim di Pengadilan Distrik Oslo mengambil keputusan. Menurut warta Xinhua pada Senin (25/7/2011), pengadilan terhadap tersangka Anders Behring Breivik dilaksanakan dengan cara tertutup.

Sejak Jumat (22/7/2011), Breivik telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus serangan bom di kawasan kantor pemerintahan Norwegia di Oslo dan penembakan brutal dalam acara kemping pemuda Partai Buruh di Pulau Utoeya. Kedua insiden kekerasan itu membunuh sedikitnya 93 orang.

Majelis hakim dalam pertimbangannya mengatakan, pilihan pada persidangan tertutup berlandaskan pada situasi keamanan. Selain itu, menurut hakim, pengadilan terbuka atau pengadilan yang dipublikasikan langsung bakal mempersulit penyelidikan.

Sebelumnya, para jaksa memang meminta agar persidangan dilakukan secara tertutup. Menurut mereka, persidangan tertutup akan mampu secara leluasa mengorek banyak keterangan dari tersangka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.