Presiden Kutuk Serangan Bom di Norwegia

Kompas.com - 25/07/2011, 15:01 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengutuk serangan kembar terorisme yang terjadi di Oslo dan Pantai Utoya, Norwegia. Presiden menyampaikan rasa dukacita kepada pemerintah dan rakyat Norwegia atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia.

"Indonesia mengutuk aksi-aksi terorisme yang tidak berperikemanusiaan seperti itu. Ini juga sekaligus membuktikan aksi-aksi terorisme dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan dilakukan oleh kelompok mana pun, tidak terbebas dari agama, suku, bangsa, ataupun identitas-identitas yang lain. Terorisme adalah terorisme," kata Presiden pada jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/7/2011).

Pada jumpa pers itu, Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawal; Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto; serta beberapa anggota Kabinet Indonesia Bersatu II.

Presiden mengatakan, dirinya telah mengirim surat kepada Perdana Menteri Jens Stoltenberg. Pada surat tersebut, Presiden mengungkapkan keyakinannya bahwa pemerintah dan rakyat Norwegia dapat bangkit serta mampu mengatasi tantangan dan ujian berdasarkan nilai toleransi dan demokrasi yang dijunjung Norwegia.

Pemerintah Indonesia, kata Presiden, memetik pelajaran dari insiden di Norwegia ini. "Sebuah negara makmur, tenang, dan damai ternyata tidak terbebas dari ancaman terorisme dan aksi-aksi kekerasan yang tidak berperikemanusiaan. Untuk Indonesia, apa yang tengah kita lakukan untuk mencegah dan menanggulangi aksi-aksi terorisme, kekerasan, dan radikalisme harus terus kita jalankan dengan sungguh-sungguh," ungkap Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.