Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Pertandingan Ditunda

Kompas.com - 24/07/2011, 03:06 WIB

Oslo, sabtu - Federasi Sepak Bola Norwegia membatalkan seluruh jadwal pertandingan liga pada akhir pekan ini menyusul tragedi bom dan penembakan di lokasi perkemahan Pulau Utoeya yang menewaskan sedikitnya 91 orang. NFF menunda seluruh jadwal pertandingan liga profesional dengan alasan keamanan dan semua laga yang ditunda akan dijadwal ulang pada minggu depan.

”Sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh pihak yang menderita karena tragedi itu, NFF memutuskan menunda jadwal pertandingan,” tulis NFF dalam pernyataan sikapnya, Sabtu (23/7).

Dalam pernyataannya, NFF menyebutkan, pemerintah lokal dan pelaksana pertandingan bisa melaksanakan atau menunda pertandingan amatir. Pertandingan yang ditunda dijadwal ulang pada minggu depan.

Liga Primer Norwegia yang diikuti 16 klub saat ini memasuki pertandingan ke-15 dan 16. Pimpinan klasemen adalah Molde FK dengan 32 poin.

Sementara tim yang populer di kancah Eropa, Rosenborg, masih tertahan di peringkat kesembilan dengan nilai 22 dari 15 kali laga. Rosenborg juga menjalani putaran ketiga kualifikasi Liga Champions.

Klub-klub Norwegia lebih banyak yang tampil di Liga Europa. Apalagi mereka musim ini mendapat tambahan jatah klub yang bisa ikut kualifikasi Liga Europa karena menjadi negara paling menjunjung tinggi aspek sportivitas versi Badan Sepak Bola Eropa (UEFA).

UEFA menetapkan Norwegia sebagai juara Respect Fair Play dan mendapat tambahan satu klub yang bisa ikut kualifikasi Liga Europa. Inggris dan Swedia juga mendapat tambahan kuota klub karena perilaku dan sikap tim-tim mereka selama berkompetisi di level UEFA. Inggris di peringkat kedua dan Swedia di posisi ketiga.

Penilaian itu berlangsung selama periode 1 Mei 2010 hingga 30 April 2011. Faktor penilaian meliputi pertandingan yang positif, menghormati wasit, serta perilaku suporter dan tim ofisial.

Klub yang berhak mengambil tambahan kuota itu adalah klub yang memenangi aspek fair play di kompetisi domestik. Jika tim paling fair play sudah lolos ke Liga Europa, maka yang berhak adalah yang klub peringkat di bawahnya, demikian seterusnya.

UEFA juga memberikan kesempatan bagi klub fair play, tetapi terdegradasi, untuk ikut kualifikasi Liga Europa sebagai penghargaan atas sikap yang bisa menjadi teladan dalam pertandingan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com