Insiden Utoeya Bencana Nasional

Kompas.com - 23/07/2011, 19:58 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg mengatakan, insiden penembakan di Utoeya adalah bencana nasional. "Tragedi kekerasan ini dialami Norwegia setelah Perang Dunia II," katanya dalam sebuah jumpa pers.

Utoeya adalah pulau kecil di kawasan barat ibu kota, Oslo. Jaraknya sekitar 40 kilometer. "Hal yang memilukan buat saya yang tiap musim panas sejak 1974 berkunjung ke sana," katanya.

Sampai kini, teridentifikasi 84 orang tewas dalam penembakan oleh orang bernama Andres Behring Breivik, seorang ekstremis sayap kanan. Kala itu, sedang diadakan kamping pemuda Partai Buruh Norwegia. Para korban kebanyakan adalah anggota dari para pemuda partai tersebut. "Dalam hitungan jam, perkemahan itu menjadi seperti neraka," imbuh Stoltenberg.

Sementara Stoltenberg berencana menjumpai para korban selamat dan keluarga korban lainnya. Bendera Norwegia masih dikibarkan setengah tiang lantaran kejadian kejam tersebut.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.