Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Galang Sumbangan bagi Korban

Kompas.com - 22/07/2011, 17:10 WIB

LUWUK, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesai (GMKI) Luwuk di Sulawesi Tengah, Jumat (22/7/2011), menggelar aksi penggalangan dana untuk korban letusan Gunung Lokon di Sulawesi Utara.

Mereka turun ke jalan-jalan di ibu kota Kabupaten Banggai itu dengan meminta sumbangan kepada pengendara bermotor dan pejalan kaki.

"Ini bentuk solidaristas untuk korban Gunung Lokon. Kami berharap dapat mengumpulkan banyak dana untuk membantu warga pengungsi," kata koordinator pengumpulan dana GMKI Cabang Luwuk Roli Malale di Bundaran Adipura Luwuk.

Para mahasiswa ini juga turun di Pasar Simpong dan pusat pertokoan Sudirman dalam kota Luwuk untuk mengumpulkan dana kemanusiaan. Banyak pedagang setempat secara spontan memberikan sumbangan.

Sejumlah pengendara dan pejalan kaki yang melintas juga memberikan uang dalam berbagai pecahan untuk korban letusan Gunung Lokon. "Kami berharap solidaritas warga Luwuk dapat membantu meringankan beban warga Tomohon setelah mereka mengungsi," kata Roli.

Menurut dia, aksi tersebut akan mereka lakukan hingga sepekan ke depan agar dapat mengumpulkan dana yang lebih besar. Hingga Jumat sore para mahasiswa itu berhasil mengumpulkan dana Rp 9,75 juta sejak mereka menggelar aksi solidaritas tersebut.

Roli juga mengatakan, pihaknya tidak menerima sumbangan dalam bentuk barang agar mudah didistribusikan kepada warga korban letusan Gunung Lokon.

"Diprioritaskan dalam bentuk dana tunai agar lebih mudah kami salurkan. Dalam bentuk barang atau obat-obatan bisa disalurkan lewat PMI atau pemerintah daerah," katanya.

Menurut Roli, uang sumbangan yang mereka kumpulkan itu nantinya disalurkan melalui perwakilan GMKI di Tomohon. "Kami masih fokus pengumpulan dana dan perwakilan kami di Tomohon yang menyalukan kepada pengungsi," katanya.

Roli, yang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tompotika Luwuk itu, meminta pemerintah agar menangani pengungsi korban letusan Gunung Lokon dengan baik.

"Pengungsi harus mendapatkan hak-haknya agar beban sebagai korban bencana alam tidak bertambah berat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com