Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Singapura Gempur Pulau Nipah

Kompas.com - 22/07/2011, 12:44 WIB

BATAM, KOMPAS.com — Sinyal operator telepon seluler Singapura lebih kuat dan konsisten di Pulau Nipah, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dibandingkan sinyal operator domestik. Hanya ada satu operator domestik yang sinyalnya menjangkau sampai Pulau Nipah, itu pun sulit tertangkap.

"Kalau harus melakukan telepon, saya harus naik tower dulu. Di sini, sinyal yang kuat malah dari Singapura," kata Komandan Pleton Satuan Tugas Pengamanan Pulau Nipah, Letnan Satu Marinir Jarot Witono, Jumat (22/7/2011).

Untuk teknologi, menurut Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, tidak ada batas negara. Namun, ke depan sinyal operator domestik semestinya bisa menjangkau Pulau Nipah. Tak hanya Pulau Nipah, sebagaimana terpantau, sinyal operator telepon seluler Singapura juga menjangkau sejumlah pulau di Kepulauan Riau, termasuk di antaranya di Batam. Pulau Nipah terletak di sebelah barat Pulau Batam. Pulau itu awalnya seluas 3.600 meter persegi dan hampir hilang akibat digerus gelombang laut.

Mengingat posisinya berbatasan langsung dengan Singapura sekaligus menjadi titik dasar wilayah perbatasan Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum melakukan reklamasi sejak 2004. Kini, luas pulau tersebut mencapai 49,97 hektar, terdiri atas 43,47 hektar daratan dan 6,5 hektar laguna.

Dari total luas daratannya, 28,47 hektar diperuntukkan bagi kawasan ekonomi dan 15 hektar untuk kawasan pertahanan dan keamanan. Kawasan ekonomi dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan serta kawasan pertahanan dan keamanan dikelola Kementerian Pertahanan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com