Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusak, Pesawat Batavia Balik ke Bandara

Kompas.com - 21/07/2011, 13:15 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat Batavia Air nomor penerbangan Y6-567 tujuan Yogyakarta-Batam terpaksa kembali ke Bandara Internasional Adisutjipto setelah sempat terbang hingga ketinggian 6.000 kaki.

Pesawat jenis Boeing 737 300 tersebut diketahui mengalami kerusakan 5 menit setelah lepas landas pada pukul 08.13. Pilot pesawat melaporkan kepada petugas menara bandara bahwa pesawat mengalami masalah elektrifikasi.

"Setelah mengetahui pesawat ada masalah, pilot kemudian memutuskan untuk menghabiskan dahulu bahan bakar sebelum mendarat kembali ke bandara. Sebab, untuk mendarat dengan lancar, setiap pesawat harus memenuhi batas maksimum dan minimum berat sehingga bahan bakar pesawat harus dihabiskan dulu," kata Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Harjoso Catur, Kamis (21/7/2011) di Yogyakarta.

Untuk menghabiskan bahan bakar, pesawat Batavia Air Y6-567 berputar-putar di atas Kota Yogyakarta selama 1,5 jam. Akhirnya, pesawat bisa mendarat kembali ke Bandara Internasional Adisutjipto pada pukul 09.43. Pendaratan berlangsung lancar. Sebanyak 141 penumpang dewasa, 3 anak, dan 6 bayi selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com