Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalanan di Jateng Banyak Bopengnya

Kompas.com - 19/07/2011, 09:27 WIB

WANGON, KOMPAS.com — Jalur selatan saat ini masih lebih baik dibanding jalur utara. Kondisi di Wangon dan Majenang masih seperti dulu. Memasuki wilayah Jawa Tengah, banyak dijumpai jalan yang tak rata dan cenderung rusak.

Jawa Tengah memang parah soal kondisi jalan dibandingkan wilayah Jawa Barat dan Yogyakarta. Setidaknya itu bisa terlihat di jalur selatan.

Memang ada perbedaan mencolok. Ketika tim Gowes Jurnalistik: Pantau Jalur Mudik 2011 melewati Jawa Barat, rasanya nyaman. Jalan di Tasikmalaya sampai Banjar begitu halus dan rata.

Memasuki wilayah Jateng, terutama di Majenang dan Wangon, Cilacap, banyak jalan berlubang. Selain itu, jalanan tak rata, bergelombang karena tak kuat menahan beban kendaraan-kendaraan berat.

Perjalanan diteruskan ke arah Yogyakarta. Masih sering ditemui banyak jalan rusak. Kalaupun tidak, beberapa jalan rusak hanya ditambal saja sehingga tetap tak rata dan kurang nyaman bagi pengendara.

Selepas Purworejo dan memasuki wilayah Yogyakarta, jalan kembali mulus. Sangat terasa, kondisi jalanan di Jateng kalah jauh dibanding jalanan di wilayah Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melewati jalur selatan jauh lebih lancar dibanding jalur utara, tetapi banyak kelokan dan tanjakan serta turunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com