Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Harga Sembako Sekarang

Kompas.com - 18/07/2011, 15:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan pokok yang melambung tinggi membuat sebagian masyarakat berang.

"Minggu kemarin beli telur masih Rp 15.000-an per kg. Sekarang sudah Rp 16.200 per kg. Puasa saja belum tiba, harga barang sudah naik," kata Nyonya Dian, saat ditemui di pusat perbelanjaan modern di kawasan Permata Hijau Jakarta Selatan, Senin (18/7/2011) siang ini.

Kenaikan harga bahan pokok memang tidak hanya di pasar tradisional, tetapi juga di pasar-pasar modern. Harga beras tipe pandan wangi berbagai merek yang pekan kemarin rata-rata bisa dibeli Rp 120.000-Rp 130.000 per 10 kg saat ini naik hingga Rp 140.000-an per 10 kg. Gula dalam kemasan 1 kg mencapai Rp 11.000 per bungkus.

"Kenaikan harga bahan pokok ini, selalu terjadi menjelang puasa dan Lebaran. Tindakan pemerintah pun seragam, pasti nanti ada operasi pasar. Padahal, OP itu justru tidak tepat," kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sudaryatmo.

Menurut Sudaryatmo, seharusnya sejak awal pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, dapat mendeteksi berapa banyak pasokan bahan pokok yang dibutuhkan, dan berapa banyak persediaan yang ada. Kalau pun ada kenaikan permintaan, dapat diatasi sejak dini tanpa harus melakukan OP yang ujung-ujungnya memerlukan dana operasional lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com