Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Vulkanik Lokon Capai 600 Meter

Kompas.com - 18/07/2011, 14:25 WIB

TOMOHON, KOMPAS.com - Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utarakembali meletus dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 600 meter, Senin (18/7/2011) sekitar pukul 13.34 WITA

"Tinggi letusan abu vulkanik mencapai sekitar 600 meter dan tertiup ke arah barat laut," kata Farid Rusnanda Bina Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, di Tomohon.

Menurut Farid, sebelumnya juga pada pukul 13.24 terjadi letusan dengan tinggi abu letusan sekitar 200 meter. "Setelah letusan, masih merekam adanya tremor-tremor vulaknik. Ini menandakan aktivitas lokon masih tinggi," katanya.

Sejak Sabtu (9/7) aktivitas Gunung Lokon meningkat sehingga terdapat sekitar 5.205 warga di Kelurahan Kinilow, Kelurahan Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 harus diungsikan ke sejumlah tempat.

Langkah pertama, para pengungsi itu dievakuasi di SMA Kristen 1 Tomohon, SMA Kristen Binsus Tomohon, SMK Kristen 2 Tomohon, SMP 1 Tomohon, SD GMIM 7 Tomohon, Taman Kota, Rumah Dinas Sinode GMIM dan Masjid.

Selanjutnya pada Minggu (17/7), sekitar 4.000 lebih pengungsi berada di sekolah-sekolah tersebut dipindahkan ke 23 titik lokasi pengungsian antara lain, Balai Pertemuan Umum Kelurahan, aula gereja, ruang kuliah Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Universitas Negeri Manado (Unima) di Tomohon, dan aula Parakletos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com