Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Bantu 15.000 Masker

Kompas.com - 15/07/2011, 14:14 WIB

TOMOHON, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyalurkan sekitar 15.000 masker kepada masyarakat sejak meningkatnya aktivitas Gunung Lokon, di Tomohon, Sulawesi Utara pada Sabtu (9/7/2011).

Sekretaris Pengurus PMI Cabang Tomohon, Levie Golioth di Tomohon Jumat (15/7/2011) mengatakan, ribuan masker tersebut dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar gunung itu.

"Sejak Senin (11/7/2011) sampai saat ini, telah disalurkan sekitar 15.000 masker kepada masyarakat berada antara lain di Kelurahan Kinilow, Kinilow 1, Kakaskasen 1, Kayawau dan Wailan," kata Levie.

Levie Golioth mengatakan, selain masker maka bantuan lainnya juga telah disalurkan kepada para pengungsi yakni sekitar 700 selimut.

PMI menurunkan sekitar 150 personel untuk membantu masyarakat akibat meningkatnya aktivitas gunung tersebut.

Personel antara lain terdiri dari petugas PMI, Satuan Penanggulangan Bencana (Satgana), Korps sukarelawan yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi serta Palang Merah Remaja (PMR) berasal dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di Tomohon.

"Sejumlah tenaga dokter juga telah disiapkan untuk membantu dalam memberikan pelayanan kepada pengungsi korban Lokon," katanya.

Dia menambahkan, PMI pusat maupu PMI Provinsi Sulut terus mendukung PMI Tomohon dalam melaksanakan tugas-tugas perbantuan akibat meningkatnya aktivitas gunung itu.

Menyinggung kendala yang dihadapi dilapangan, Leivie mengatakan, antara lain sulitnya memperoleh bahan bakar minyak seperti solar dan premium.

"Keterbatasan bahan bakar itu mempengaruhi mobilitas di lapangan," katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com