2.510 Orang Mengungsi

Kompas.com - 15/07/2011, 07:54 WIB
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus pada Jumat (15/7/2011) pukul 00.30 Wita setelah sebelumnya meletus hebat pada Kamis pukul 22.45 Wita.

Letusan kedua melontarkan material pijar dan abu tebal hingga ketinggian 600 meter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, letusan besar kemarin telah diantisipasi mengingat aktivitas vulkanik yang semakin meningkat sebelumnya.

Sejak Kamis pukul 06.00-12.00 Wita terlihat asap putih tebal setinggi 100-150 meter. Juga tercatat 25 kali gempa vulkanik dalam, 30 kali gempa vulkanik dangkal, dan getaran tremor vulkanik dengan amplitudo 0,5-4 mm.

Sutopo menambahkan, dampak yang ditimbulkan akibat letusan tersebut menyebabkan kebakaran hutan di sekeliling kawah gunung.

Selain itu, sedikitnya 2.510 jiwa telah diungsikan, dan jumlahnya akan terus bertambah.

"Hingga pagi ini pendataan jumlah pengungsi masih dilakukan. Fokus pemberian bantuan diberikan kepada para pengungsi. Belum dilaporkan adanya korban terkait dengan letusan Gunung Lokon semalam," kata Sutopo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X