Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercon Meledak, 11 Rumah Rusak

Kompas.com - 13/07/2011, 16:58 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Warga Dusun Kasengan, Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, dikejutkan dengan suara ledakan mercon yang sangat dahsyat, Rabu (13/7/2011) pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, ledakan itu membuat 11 rumah dan 1 mushala mengalami kerusakan parah. Bahkan, seorang warga mengalami luka ringan. 

Kesebelas rumah itu mengalami kerusakan pada kaca depan rumah. Ada yang hancur total, mulai kaca teras hingga jendela samping rumah, dan ada yang rusak sebagian. Bahkan, atap dan eternit mushala hancur berantakan. Adapun rumah-rumah yang mengalami kerusakan antara lain milik Pagi Asmoro, Sampurna, Rafii, Aksan, Mahfud, Khusairi, Suwoto, Bambang, dan Abdullah. 

Polisi yang datang ke lokasi langsung melakukan olah TKP dan memasang garis polisi. Abdul Karim, korban ledakan mercon yang terkena serpihan kaca, mengalami luka pada lengan bagian kiri. Sementara itu, istrinya, yang saat kejadian berada di sampingnya, juga terkena serpihan kaca dan mengalami luka ringan. Mercon itu memang meledak persis di depan rumah Karim. 

Menurut Kepala Dusun Kasengan Didik Hermanto, ledakan mercon yang sengaja dirakit oleh seseorang yang tidak dikenal itu diletakkan di pohon jarak di depan rumah Karim, persis di sebelah kandang ayam. Mercon yang mengandung baut dan sekrup kecil ini menyebabkan ledakan yang dahsyat sehingga getarannya menghancurkan kaca rumah warga. 

Didik menambahkan, sebelum terjadi ledakan, malam harinya terjadi keributan antara pemuda desa tersebut dan pemuda desa lain. Warga menduga ledakan ini terkait keributan tersebut. 

Kepala Polsek Krejengan AKP Sunaryo mengungkapkan, di lokasi ledakan ditemukan beberapa baut, bungkusan kertas panjang, dan kaleng tempat mercon. Pelaku diduga sengaja meledakkan mercon dengan memakai kertas panjang untuk menyulut mercon tersebut. 

"Polisi akan menyelidiki motif ledakan mercon ini, termasuk informasi dari warga yang menyebutkan pada malam hari sebelum kejadian terjadi keributan antara pemuda Dusun Kasengan dan desa lain. Kami masih memburu pelakunya," kata Sunaryo.

Saat Kompas.com mendatangi kantor Polsek Krejengan, sejumlah pejabat Polres hadir di situ, mulai Wakapolres Komisaris Hadi Sucahyo, Kabag Ops Komisaris Hadi Prayitno, hingga Kasatreskoba AKP Didik Suhardi. Di ruangan Kapolsek Krejengan terdapat puluhan mercon berukuran jumbo dan kecil yang berhasil dijinakkan polisi setelah merendamnya dengan air. 

Namun, pertanyaan milik siapa pemilik mercon dan apakah mercon itu yang akan diledakkan di Dusun Kasengan belum terjawab. Ditanya wartawan soal mercon yang diamankan tersebut, Wakapolres enggan berkomentar. "Nanti statement-nya," kata Wakapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com