Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Petasan Meledak, Pemilik Tewas

Kompas.com - 12/07/2011, 18:01 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com — Pabrik petasan di Blok Kebon Kopi, Desa Lohbener, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (12/7/2011) dini hari, meledak. Akibat kejadian itu, seorang pemilik pabrik petasan tewas. 

Ledakan di pabrik petasan itu sangat mengejutkan warga yang masih terlelap tidur. Mereka berhamburan ke luar rumah mencari tahu sumber suara ledakan. Kerasnya ledakan membuat bangunan permanen yang berada di tengah permukiman padat mengalami kerusakan sangat parah. 

Jumlah kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Korban tewas adalah Karta (41), pemilik pabrik petasan warga Blok Kebon Kopi, yang selama ini dikenal sebagai pengusaha yang memproduksi aneka jenis petasan dan kembang api. 

Petugas Kepolisian Resor Indramayu dan Kepolisian Sektor Jatibarang yang dilapori warga melakukan penyidikan di lokasi kejadian. Untuk memudahkan penyidikan, petugas memasang garis polisi di sekeliling bangunan yang rusak. Warga sekitar menduga ledakan itu terjadi karena gesekan peralatan logam saat meracik serbuk petasan jenis jorosan. Gesekan itu membuat serbuk petasan jenis jorosan yang sangat rawan terbakar itu mengepulkan asap dan berubah menjadi api. 

Dalam sekejap, api membakar seluruh serbuk petasan jenis jorosan yang tengah diracik. Belum sempat lari menjauh, pemilik pabrik petasan itu terkena ledakan hingga tubuhnya terluka sangat parah. Tak lama korban pun meninggal dunia. Warga berusaha memadamkan kobaran api yang melumat seluruh tumpukan kertas. "Ledakan keras itu berasal dari tumpukan petasan yang terbakar sehingga menimbulkan ledakan keras," kata salah seorang petugas Polres Indramayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com